California Roll [Resep masakan Japan]

(Masakan Jepang) salah satu sushi yang paling populer diantaranya adalah California Roll. Resep masakan Jepang ini dibuat terinspirasi dari masakan sushi Jepang yang khas, yang biasanya sushi digulung didalam rumput laut nori. sushi versi lama ini terkadang membuat sebagian orang merasa susah pada saat menggigit gulungan tersebut.
Dari sinilah terinspirasi masakan yang bernama California Roll ini. California roll ini dilapisi oleh rumput laut nori [rumput laut kering] dibagian dalam gulungan sehingga lebih mudah untuk menggigitnya.

Adapun - bahannya :
4 cangkir beras sushi
4 lembar nori (rumput laut kering)
1 alpukat
3/4 cup daging kepiting
2 sdm mayones
1/2 sdt garam


Persiapan membuatnya :

Kupas buah alpukat buang kulitnya kemudian potong memanjang, masukkan daging kepiting dalam mangkuk campur dengan garam dan mayones.
Tahap berikutnya bentangkan tikar bambu khusus untuk membuat sushi, kemudian lapisi dengan plastik. Selanjutnya bentangkan diatasnya rumput laut kering [nori], kemudian taburkan 1 cangkir nasi yang diatasnya sambil ditekan-tekan.
Tahap selanjutnya taburkan biji wijen diatas nasi tersebut, setelah merata balikan lapisan sushi sehingga posisinya sekarang rumput laut nori berada diatasnya.
Selanjutnya letakkan diatasnya potongan alpukat dan daging kepiting yang sudah dicampur dengan garam dan mayones.
Gulung tikar bambu membentuk silinder dengan menekan kuat gulungan tersebut setelah itu lepaskan gulungan tikar bambunya dan potong-potong sushi tersebut.
California roll siap untuk disajikan.

No comments:

Post a Comment